Berita

Rupiah Masih Rawan Melemah

Nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar Ammerika Serikat (AS) tampaknya kembali menguat, meski demikian Rupiah masih tetap berada pada kisaran Rp11.000. Diperkirakan Rupiah akan bergerak pada rentang Rp11.172-Rp11.188 berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI).

 

"Laju Rupiah tepat berada pada kisaran target kami di level Rp11.180-11.195. Sentimen regional tampaknya cukup berimbas pada laju nilai tukar Rupiah," kata Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

 

Reza menjelaskan, meski hanya naik tipis setidaknya sudah ada perbaikan dari laju Rupiah yang masih diperkirakan akan mengalami pelemahan.

 

"Adanya langkah Rusia yang menginginkan pembicaraan diplomatik dengan Suriah terkait penggunaan senjata kimia mengurangi kekhawatiran akan terjadinya perang," jelasnya.

 

Di sisi lain, kondisi tersebut mengurangi permintaan mata uang save heaven antara lain USD sehingga menguatkan mata uang lainnya. Tentu saja Rupiah juga ikut merasakan imbas positifnya.

 

"Selain itu, penguatan Rupiah juga masih terimbas apresiasi AUD dan Yuan setelah rilis data-data China yang masih direspons positif," imbuh Reza. (kie)



Bersama mencapai barokah